Manfaat Memakan Bayam Merah untuk Kesehatan

bayam merah

Manfaat Memakan Bayam Merah untuk Kesehatan – Bayam merupakan jenis sayuran yang sudah banyak bisa kita temukan di pasar-pasar, namun tahukah kamu kalau bayam memiliki jenis lain? Bayam merah, merupakan tanaman yang berekonomis tinggi. Bayam merah memilikirasa yang sama dengan bayam hijau biasanya, yang membedakan hanyalah warnanya yang berbeda. Bayam merah memiliki kandungan antioksidan dan manfaat yang lebih tinggi dibanding dengan bayam hijau. Bayam merah dapat bertumbuh di daerah yang memiliki iklim panas terkena sinar matahari.  Bayam merah sama seperti jenis sayuran lainnya, bayam merah memiliki banyak sekali manfaat. Bentuk bayam merah juga sama seperti bayam hijau berbentuk bundar dan tebal. Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi bayam merah yang kaya akan nutrisi.

1. Mencegah Risiko Kanker

Bayam merah mengandung asam amino, zat besi, fosfor, vitamin E, potasium, vitamin C, dan magnesium yang bekerja sama untuk membasmi pertumbuhan sel kanker. Antioksidan dalam sayuran ini juga memainkan peran utama dalam mencegah timbulnya kanker.

Berdasarkan penelitian di laboratorium yang dilakukan Journal of Postgraduate Medicine, ditemukan bahwa manfaat bayam merah yang memiliki antioksidan tinggi bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sayangnya, temuan ini butuh dikaji lebih lanjut karena masih terbatas pada hasil penelitian di laboratorium, dan belum teruji secara klinis pada manusia.

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melawan radikal bebas, yakni senyawa yang dapat menyebabkan kerusakan jika kadarnya terlalu tinggi dalam tubuh kita.

Radikal bebas banyak dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Menurut penelitian, tubuh manusia perlu menjaga keseimbangan radikal bebas dan antioksidan tertentu.

Ketika radikal bebas melebihi jumlah antioksidan,hal ini dapat menyebabkan keadaan yang disebut stres oksidatif. Stres oksidatif yang berkepanjangan dapat merusak DNA dan molekul penting lainnya di tubuh hingga terkadang menyebabkan kematian sel.

Sebenarnya, tubuh kita memiliki pertahanan antioksidan sendiri untuk mengendalikan radikal bebas. Namun, antioksidan juga dapat ditemukan dalam makanan, terutama pada buah-buahan, sayuran, dan makanan nabati utuh lainnya. Beberapa vitamin, seperti vitamin E dan C, merupakan antioksidan yang efektif. Dan kedua vitamin ini terkandung dalam bayam merah.

2. Mengatasi Keluhan Anemia

Manfaat bayam merah yang lain yakni memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan dapat menurunkan risiko anemia alias kurang darah.

Zat besi sangat bermanfaat untuk kelancaran dan kesehatan aliran darah sehingga konsumsi rutin bayam merah dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan memurnikan darah. Hal ini akan secara alami melancarkan aliran darah.

Menurut penelitian di National Institutes of Health, zat besi adalah mineral yang secara alami ada di banyak makanan atau difortifikasi ke beberapa produk makanan.

Mineral ini juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Besi merupakan komponen penting dari hemoglobin, yakni protein eritrosit (sel darah merah) yang befungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke jaringan.

Karenanya, zat besi mendukung metabolisme otot dan jaringan ikat yang sehat serta diperlukan untuk pertumbuhan fisik, perkembangan neurologis, fungsi sel, dan sintesis beberapa hormon.

Baca Juga :Jenis Sayuran yang Sangat Bergizi

3. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Manfaat bayam merah yang dikonsumsi secara teratur ternyata dapat meningkatkan fungsi ginjal, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi.

Batang daun dari bayam merah juga memiliki lebih banyak manfaat untuk ginjal karena tinggi akan vitamin A, C, K, dan B9 (folat).

Tak hanya itu, bayam merah juga mengandung beta-karoten yakni senyawa yang memberikan warna kemerahan pada sayur dan buah.

Beta karoten memiliki banyak fungsi baik bagi tubuh, salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Jika kamu senang makan salad, tak ada salahnya menambahkan bayam merah ke dalamnya untuk memperkaya tekstur dan nutrisi. Kamu juga bisa mengolah bayam merah dengan cara mengukus maupun menumisnya.

4. Membantu Menyembuhkan Penyakit Disentri

Tahukah kamu, ternyata batang bayam memiliki manfaat untuk membantu mengatasi penyakit disentri.

Hal ini tak lepas dari fungsi serat larut dalam bayam merah yang bisa membantu menyerap air serta membersihkan saluran pencernaan.

Kandungan antosianin dalam manfaat bayam merah juga turut membantu memerangi bakteri penyebab penyakit disentri.

Antosianin merupakan jenis antioksidan yang baik untuk mencegah atau mengurangi risiko penyakit. Antosianin mengurangi risiko beberapa masalah kesehatan yang dapat ditunjukkan melalui efek langsung dan tidak langsung.

Efek langsungnya adalah mengurangi risiko sejumlah penyakit kronis dengan membantu melawan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif.

5. Membantu Mengurangi Gejala Asma

Seperti yang sudah disinggung dalam poin-poin sebelumnya, beta-karoten memiliki kegunaan dalam membantu mengatasi berbagai penyakit kronis.

Manfaat bayam merah memiliki kandungan gizi yang baik serta kandungan beta-karoten tinggi yang dapat membantu mencegah timbulnya asma.

Hal ini karena senyawa beta-karoten dapat meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan membersihkan sumbatan dalam tabung bronkial.

Manfaat bayam merah lainnya adalah mengandung folat, salah satu jenis vitamin yang juga memberikan manfaat tambahan bagi penderita asma.

Recommended Articles